demam berdarah dengue disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti (sumber: CDC)

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) tidak henti-hentinya menyerang masyarakat Indonesia. Persebaran demam berdarah dengue meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia, dan tiga provinsi dengan jumlah penderita baru terbanyak adalah Bali, DKI Jakarta, serta Kalimantan Timur. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue (DENV) yang memiliki empat jenis serotipe. Orang yang telah terinfeksi salah satu serotipe DENV masih dapat terinfeksi oleh serotipe lainnya, sehingga seseorang dapat mengalami demam berdarah dengue lebih dari satu kali.

Penyakit infeksi ini disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti, dan nyamuk ini lebih sering menggigit di siang hari. Penyakit ini sebenarnya bersifat self-limitting atau dapat sembuh dengan sendirinya, namun penderita demam berdarah dengue dapat mengalami sindroma syok yang dapat berbahaya bagi keselamatan pasien. Syok tersebut disebabkan oleh bocornya plasma, komponen cairan dari darah, yang keluar dari pembuluh darah akibat peningkatan permeabilitas pembuluh darah. Untuk mencegah hal tersebut, pasien penyakit ini perlu diidentifikasi segera dan mendapatkan penanganan yang baik. Tanda-tanda demam berdarah dengue yang perlu diwaspadai adalah demam tinggi dengan minimal dua gejala berikut:

  1. Ruam/bintik-bintik merah di kulit
  2. Mual dan muntah
  3. Nyeri sendi
  4. Nyeri otot, terutama pada lengan, kaki, dan punggung bawah
  5. Tanda bahaya: nyeri perut, akumulasi cairan (seperti pada perut/ascites), perdarahan (seperi pada mukosa, muntah darah, menstruasi)

Segera kunjungi instalasi gawat darurat terdekat apabila anda atau orang terdekat anda mengalami tanda-tanda tersebut untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Referensi:

  1. Soepardi J. Buletin Jendela epidemiologi Topik Utama Demam Berdarah Dengue. Jakarta; Pusat Data dan Surveilans Epidemiologi Kementerian Kesehatan RI: 2010.
  2. Sheperd SM. Dengue [Internet]. Medscape, 2015 Oct 15 [cited 2016 Aug 7]. Available from: http://emedicine.medscape.com/article/215840-overview#a1
  3. NCEZID CDC. Dengue [Internet]. Center for Disease Control and Prevention, 2012 Sept 27 [cited 2016 Aug 7]. Available from: http://www.cdc.gov/dengue/symptoms/index.html
Aisyah Aminy Maulidina
Anggota Direksi
Media Aesculapius 2018
LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr