Aksi ISMKI menuntut Moratorium FK (sumber: ISMKI,

Aksi ISMKI menuntut Moratorium FK (sumber: ISMKI,

Mahasiswa fakultas kedokteran yang tergabung dalam Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) mengadakan aksi di depan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumat (3/6) sore. Aksi ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Jakarta, Universitas Islam Negeri, Universitas Kristen Krida Wacana, Universitas Airlangga, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Tanjungpura, Universitas Bengkulu, dan Universitas Hassanudin. Pada aksi ini, mahasiswa menuntut Kemenristekdikti untuk meneken moratorium (penangguhan) pembentukan fakultas kedokteran Indonesia. Hal ini dikarenakan keluarnya Surat Keputusan mengenai pendirian delapan fakultas kedokteran yang dikeluarkan Kemenristekdikti, sedangkan setengah dari fakultas kedokteran telah ada masih berakreditasi C. “Hal ini sungguh memprihatinkan teman-teman”, ujar Raania Amani, salah satu orator pada aksi tersebut.

Aksi massa tersebut dilaksanakan setelah didahului oleh Diskusi Publik Moratorium FK di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia pada hari Rabu (1/6) kemarin. Pada diskusi yang dihadiri oleh Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Prof. Dr. dr. Bambang SupriyatnoSp.A (K) dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof.Dr.Ilham Oetama Marsis,Sp.OG, perwakilan Kemeristekdikti tidak ikut hadir. Dalam kesempatan tersebut, Ketua KKI dan Ketua IDI mengemukakan kesepakatan mereka dalam mendukung moratorium fakultas kedokteran.

Setelah perwakilan mahasiswa masuk dan diterima oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir serta melalukan aksi massa selama tiga jam, Kemenristekdikti lalu menyatakan akan mengeluarkan surat edaran mengenai moratorium fakultas kedokteran dalam jangka waktu dua minggu. Moratorium fakultas kedokteran akan berlaku hingga fakultas kedokteran berakreditas C berkurang setengah jumlahnya dan fakultas kedokteran dengan lulusan Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter (UKMPPD) dibawah 50% berkurang setengah jumlahnya.

Aksi di seluruh Indonesia

Aksi Mahasiswa di Bengkulu (sumber: ISMKI)

Aksi Mahasiswa di Bengkulu (sumber: ISMKI)

Aksi Mahasiswa di Makassar (sumber: ISMKI)

Aksi Mahasiswa di Makassar (sumber: ISMKI)

Aksi massa yang dilakukan oleh ISMKI tidak hanya berlangsung di Jakarta. Di Bengkulu dan Makassar, aksi massa oleh mahasiswa kedokteran juga dilakukan secara serentak dengan aksi di Jakarta pada Jumat (3/6) sore. Dalam aksinya, mahasiswa secara serentak menuntut Kemenristekdikti untuk meneken moratorium fakultas kedokteran.

 

Aisyah Aminy Maulidina
Anggota Direksi
Media Aesculapius 2018
LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr