Sejak Januari 2017, IDAI sudah merekomendasikan jadwal imunisasi yang baru. Sosialisasi ini penting karena sebagian besar dokter masih berpatokan pada jadwal imunisasi tahun 2014. Ada beberapa perubahan penting terkait jadwal hingga perkenalan dua pendatang baru yakni vaksin dengue dan japanese encephalitis.

Ada paduan warna yang mulai diperkenalkan pada tabel imunisasi IDAI 2017. Warna hijau muda menandakan waktu yang optimal untuk melakukan imunisasi, sementara kuning untuk catch up, biru untuk booster, dan merah muda untuk daerah endemis.

Vaksin Hepatitis B yang selama ini dijadwalkan pada bulan ke-0, 1, dan 6 kini diubah menjadi bulan ke-0, 2, 3, 4. Tujuan perubahan jadwal ini salah satunya untuk meningkatkan ketaatan orang tua dalam melakukan imunisasi (menginat setiap bulan lebih mudah daripada tiap dua bulan). Pemberian vaksin hepatitis B sebagian besar sudah bersama dengan DTP dan HIB, dikenal dengan vaksin Pentabio (5 vaksin dalam satu sediaan). Namun, pada pemberian bersama dengan DTPa, vaksin hepatitis B diberikan pada bulan ke-2, 4, dan 6.

Vaksin polio, DTP, dan HIB pun juga dimajukan jadwalnya menjadi bulan ke-2, 3, dan 4. Tidak ada lagi anjuran booster vaksin polio pada usia 5 tahun. Sementara itu, booster (vaksinasi ke-4) DTP dan polio optimal hanya pada bulan ke-18 (sebelumnya bulan ke-18 sampai 24).

Vaksin rotavirus kini dianjurkan pada jadwal yang ketat tanpa ada waktu catch up, meningat tingginya risiko intususepsi. Vaksin baru adalah vaksin japanese encephalitis (JE) yang direkomendasikan hanya apabila berada/ berpergian ke daerah endemis. Jadwal optimal vaksin JE adalah usia 12 bulan dan diulangi 1 hingga 2 tahun berikutnya. Sementara itu, vakisn dengue yang telah ramai diperbincangkankan dalam penelitian beberapa tahun terakhir akhirnya direkomendasikan oleh IDAI. Vaksin dengue mulai dapat diberikan pada anak berusia 9 tahun, diberikan 3 kali dengan interval 6 bulan. Harapannya mortalitas akibat infeksi virus dengue semakin menurun di kemudian hari. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di bawah ini:

Jadwal imunisasi IDAI 2017

Bagaimana? Apakah Anda masih mengikuti pedoman imunisasi 2014? Perubahan jadwal imunisasi ini selain bertujuan untuk meningkatkan ketaatan juga berdasarkan pada penelitian terbaru mengenai waktu pemberian yang optimal. Ikuti terus perkembangan jadwal dan rekomendasi imunisasi dari IDAI dan jangan takut untuk mempromosikan imunisasi kepada masyarakat. Selamat bertugas!

 

Unduh jadwal imunisasi IDAI 2017 di http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/jadwal-imunisasi-2017

 

Pemimpin Umum Media Aesculapius 2016
Direksi Media Aesculapius
LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr