Berangkat dari mimpi untuk dapat berkontribusi dalam membentuk generasi muslim tangguh melalui kesehatan reproduksi dan peran keluarga dalam tumbuh kembang, Jakarta Islamic Medical Updates (JIMU) 2016 diadakan. JIMU merupakan acara yang setiap tahunnya diadakan oleh Forum Studi Islam (FSI) BEM IKM FKUI. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat mengenai kedokteran Islam. Tahun ini, JIMU terdiri atas tiga mata acara, yaitu seminar, talkshow, dan kompetisi ilmiah.

JIMU 2016

Acara puncak JIMU 2016 digelar di Auditorium Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), Kampus Universitas Indonesia, Depok pada hari Sabtu, 26/11 silam. Tiga rangkaian seminar mengawali kegiatan ini. Seminar pertama dibawakan oleh Dr. dr. Imam Rasjidi, SpOG(K)Onk dengan materi “Teknologi Reproduksi dan Antenatal Care untuk Sang Calon Khalifah”. Selanjutnya, diangkat topik mengenai “Keluarga Berencana menurut Qur’an dan Sunnah” dengan dr. Raehanul Bahraen sebagai pembicara. Rangkaian seminar ditutup oleh dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA dengan topik bahasan “Kontroversi Imunisasi”. Kemudian, acara dilanjutkan dengan kegiatan talkshow mengenai “Asah, Asih, dan Asuh: Langkah Awal Membentuk Generasi Khairu Ummah”. Talkshow ini mengundang dr. Arifianto, SpA dan Eko Handayani, M.Psi sebagai narasumber.

Rangkaian acara JIMU 2016 diakhiri dengan pengumuman pemenang kompetisi ilmiah. Tahun ini, kompetisi ilmiah JIMU terdiri atas tiga cabang, yaitu esai ilmiah, poster publik, dan video edukasi. Antusiasme mahasiswa kedokteran dan non-kedokteran se-Indonesia dalam mengikuti kompetisi ilmiah JIMU 2016 terbilang cukup tinggi. Para peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, hingga Kalimantan dan Sulawesi.

Berikut adalah nama pemenang kompetisi JIMU 2016.

Esai Ilmiah


Poster Publik


Video Edukasi


– Juara 1 –

Fadhli Waznan

(Universitas Indonesia)

– Juara 2 –

Nurul Fathimah

(UIN Syarif Hidayatullah)

– Juara 3 –

Arham Z. J.

(Universitas Gadjah Mada)

 

– Juara 1 –

Husada Tsalitsa M. dan Niki Kusuma B.

(Universitas Airlangga)

– Juara 2 –

Laprianika Retha H. dan Ghassani Shalihat M.

(Universitas Airlangga

– Juara 3 –

Fitra Ananta T. dan Aditia Rizka R.

(Universitas Muhammadiyah Malang)

– Terfavorit –

Rasyiqah Fitriah dan Rosalia Kusuma D.

(Universitas Jenderal Soedirman)

– Juara 1 –

Yanasta Yudo P., Reinike Larasati F., dan Galvin Giffari G.

(Universitas Islam Indonesia)

– Juara 2 –

M. Fadhil Fikri, M. Aji Muharrom, dan Badrit Tamami T.

(Universitas Indonesia)

– Juara 3 –

Ifadatul Khoiriah, Putri Qurrotul A., dan Ziana Alawiyah

(Universitas Jenderal Soedirman)

 

JIMU 2016 merupakan kontribusi riil dari mahasiswa dan masyarakat untuk mempersiapkan Muslim-muslim hebat di masa depan. Ya, suatu aksi nyata untuk mewujudkan generasi Muslim yang lebih baik.

 “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS Ali Imran: 110)

JIMU 2016: An Action for A Better Generation!

Anyelir Nielya
FKUI 2014
LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr