Hati, organ yang begitu penting bagi tubuh manusia, dapat meradang, jadilah hepatitis

Hati, atau biasa disebut Liver, merupakan organ terbesar yang ada dalam tubuh manusia. Organ tersebut berfungsi layaknya pabrik kimia raksasa yang membantu berbagai proses biokimiawi dalam tubuh manusia, yang mencakup fungsi pencernaan, fungsi pembekuan darah, fungsi penyimpanan energi dan zat besi, dan masih banyak lagi. Sama seperti organ lainnya, hati dapat mengalami peradangan dan kondisi ini disebut dengan hepatitis (hepar = hati; –itis = radang). Adanya hepatitis dapat menyebabkan gangguan fungsi hati yang ditandai dengan peningkatan enzim SGOT dan SGPT pada pemeriksaan darah.

Hati (Liver)

Apakah hepatitis menular?

Hepatitis tidak selalu disebabkan oleh virus hepatitis. Konsumsi alkohol berlebih dan beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan hepatitis. Oleh karena itu, perlu diketahui jenis hepatitis yang diderita oleh seseorang.

Bagaimana gejala dari hepatitis?

Pada sebagian orang, hepatitis umumnya tidak menunjukkan gejala. Namun, pada sebagian orang lainnya, tanda dan gejala yang dapat muncul, di antaranya adalah:

  • Kurang nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Warna urin menjadi cokelat
  • Nyeri lambung
  • Ikterus, yang ditandai dengan menguningnya kulit dan mata

Sebagian jenis hepatitis dapat bergejala ringan dan dapat hilang dengan sendiri, namun sebagian jenis lainnya dapat menjadi serius dan dapat menyebabkan terjadinya sirosis hati atau kanker hati.

Bagaimana cara saya mencegah hepatitis?

Hepatitis dapat dicegah dengan mengurangi paparan dengan agen penyebab hepatitis. Salah satu cara pencegahan adalah mengurangi konsumsi alhokol dan segera menghubungi dokter apabila muncul gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya ketika mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter. Terkait dengan hepatitis yang disebabkan oleh infeksi, hanya virus hepatitis A (HAV) dan hepatitis B (HBV) yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Hepatitis C (HCV) belum ada vaksin namun dapat dicegah dengan mengurangi paparan terhadap cairan tubuh yang terkontaminasi dengan virus hepatitis.

Apakah hepatitis dapat diobati?

Ya. dahulu, tidak ada obat untuk mengobati hepatitis C karena penyakitnya akan berlangsung sangat lama. Namun, sekarang dengan adanya obat antivirus yang begitu muktahir, maka hepatitis dapat diobati. Terkait dengan hepatitis yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih maupun akibat obat-obatan, umumnya kondisi dapat kembali membaik setelah konsumsi obat-obatan ataupun alkohol dihentikan.

Sebagai kesimpulan, ketahuilah hepatitis dan berbagai penyebabnya, sehingga Anda dapat mencegah diri Anda dari penyakit hepatitis.

Referensi
Mahasiswa FKUI 2015
Anggota Produksi Media Aesculapius
LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr