Bagaimana cara menangani mimisan?

 

Mimisan sering kali kita temukan terjadi dalam keseharian kita, terutama pada anak-anak usia 2-10 tahun. Faktanya, 60% orang pernah mengalami mimisan minimal satu kali sepanjang hidupnya!

Mimisan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang berada di dalam hidung. Kebanyakan mimisan terjadi akibat pecahnya cabang-cabang kecil pembuluh darah di bagian depan hidung, dan biasanya mimisan tipe inilah yang terjadi pada anak-anak.

Walaupun terkesan menyeramkan, kamu tidak perlu panik jika terjadi mimisan. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama jika kamu atau orang terdekatmu mengalami mimisan:

  1. Segera duduk dan tundukkan kepala. Hal ini penting agar darah tidak mengalir ke belakang dan masuk ke saluran napas. Jangan mendongakkan kepala, karena akan berbahaya jika kamu malah tersedak mimisan!
  2. Jepit hidungmu untuk mengehentikan darah yang keluar. Di mana posisi menjepitnya? Coba pegang pangkal hidungmu dengan jari telunjuk dan jempol, kamu akan meraba tulang hidungmu yang keras. Telusuri hidungmu hingga teraba tulang yang keras menjadi lebih lunak. Nah, di situlah kamu perlu menjepit hidungmu!
  3. Pertahankan posisi nomor 1 dan 2 hingga 5 menit. Jika setelah itu mimisan masih berlanjut, pertahankan lagi hingga 10 menit.

Namun jika mimisan tetap berlanjut, segera ke klinik atau puskesmas terdekat ya! Para petugas kesehatan akan segera membantumu untuk mengatasi mimisan itu.

Aisyah Aminy Maulidina
Anggota Direksi
Media Aesculapius 2018
LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr