Panitia dan Peserta Mommapedia

SCORA dan SCOPH CIMSA UI mengadakan event yang berjudul Mommapedia. Mommapedia adalah event yang bertemakan “Hubungan Kedekatan Ibu dan Anak dengan Keseharian Anak”. Acara ini diikuti oleh 30 ibu-ibu dan 30 anak-anak (berusia 4-10 tahun) dari Kampung Lio dan Kompleks Samudra. Acara ini terdiri dari tiga rangkaian, yaitu pre-assessment, acara puncak, dan post-assessment.

Pre-assessment dilakukan satu bulan sebelum acara puncak dilaksanakan. Panitia Mommapedia bekerjasama dengan ibu kader dari Kampung Lio dan Kompleks Samudra untuk mendapatkan 15 ibu-ibu dan 15 anak-anak dari masing-masing tempat. Para ibu diwawancarai mengenai kedekatan mereka dengan anak mereka serta menanyakan kesediaan mereka untuk mengikuti tantangan yang diberikan sebulan sebelum acara puncak nanti. Tantangan yang diberikan berupa menanam toge bareng, membaca cerita sebelum tidur, membuat bekal untuk anak, dan mengantar anak ke sekolah. Tantangan yang diberikan harus dilakukan selama satu bulan hingga acara puncak.

Acara puncak dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 8 April 2018. Acara dilaksanakan di Rumpun Ilmu Kesehatan, Universitas Indonesia, Depok. Rangkaian acaranya terdiri dari sesi Focus Group Discussion antara ibu-ibu Kampung Lio dan ibu-ibu Kompleks Samudra. Terdapat games juga seperti menghias cupcake dan face painting wajah panitia. Kemudian ada talkshow yang diberikan oleh Fadillah, M.Psi., yang merupakan perwakilan dari organisasi parentingcare, Bandung. Setelah itu ada pemberian hadiah untuk pemenang games dan ibu teraktif. Acara pun diakhiri dengan foto bersama panitia dan seluruh peserta dari Mommapedia.

Post-assessment akan dilakukan satu bulan setelah acara puncak berakhir nanti untuk melihat perbedaan dari hasil intervensi CIMSA UI terhadap ibu-ibu Kampung Lio dan Kompleks Samudra.

Faculty of Medicine University of Indonesia Batch 2016
LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr