Pada tanggal 3 Maret 2017, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) mengadakan acara pengukuhan anggota baru AIPI. Prof. Dr. dr. Med. Akmal Taher, Sp.U(K) diangkat sebagai Anggota Komisi Ilmu Kedokteran. Acara yang diselenggarakan di Auditorium IMERI, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, yaitu Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek, Sp.M(K); Rektor dan Dekan FKUI, anggota AIPI, serta sejumlah guru besar dan staff FKUI.

Prof. Dr. dr. med. Akmal Taher, Sp.U(K) adalah seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Akmal lahir di Jakarta pada 27 Juli 1955. Alumnus SMA Kanisius Jakarta tahun 1974 ini melanjutkan ke Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 1980, Spesialis Urologi FKUI tahun 1988, serta meraih gelar Doktor Medikus Hannover Medical School, Hannover, Jerman (1993) dan Doktor FKUI Jakarta (1993).

Sebagai Profesor, ia telah menghasilkan dan mempublikasikan sejumlah penelitian atau percobaan. Penelitian dan percobaannya rata-rata bertemakan Clynic Nucleotide Phosphodiesterase Activity dan Erectile Dysfunction. Akmal juga menjadi peneliti utama dalam beberapa penelitian kimia multinasional terhadap obat-obat untuk disfungsi ereksi.

Sebagai cara memperkenalkan anggota AIPI yang baru terpilih kepada masyarakat ilmiah Indonesia dan wujud pertanggungjawaban kepada  masyarakat untuk membuktikan kebenaran pilihan dalam memilih anggotanya, maka kuliah inaugurasi dibawakan oleh Akmal dengan tema “Ilmu dan Teknologi di Pelayanan Kesehatan Primer: Penyakit Tropik Terabaikan sampai Personalised Medicine.”

Akademi ilmu pengetahuan ini sebenarnya telah dipelopori oleh Organisatie voor Natuurwetenschappelijke Onderzoek (ONO) terbentuk pada 1 Mei 1948. Organisasi tersebut merupakan lembaga ilmu pengetahuan kolaborasi Indonesia dan Belanda. Seiring berjalannya waktu, AIPI sendiri akhirnya baru terbentuk pada 13 Oktober 1990. Saat ini AIPI memiliki 5 komisi, yaitu ilmu rekayasa, ilmu kedokteran, ilmu sosial, ilmu pengetahuan dasar, dan kebudayaan.

Ke depannya, besar harapan masyarakat Indonesia agar AIPI menjadi garda depan untuk kemajuan ilmu pengetahuan Indonesia.

Pada tanggal 3 Maret 2017, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) mengadakan acara pengukuhan anggota baru AIPI. Prof. Dr. dr. Med. Akmal Taher, Sp.U(K) diangkat sebagai Anggota Komisi Ilmu Kedokteran AIPI

LineFacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr