Apakah Boleh Mandi saat Terkena Cacar Air?

Banyak orang tua yang tidak mau memandikan anaknya saat terkena cacar air, tetapi apakah hal tersebut benar? Cacar air atau varicella adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella-Zoster (VZV). Cacar air merupakan penyakit dunia yang sangat menular . Cacar air menular melalui udara dari batuk, bersin, atau kontak langsung dengan lesi di kulit.

Cacar air memiliki gejala berupa ruam pada kulit menyerupai lenting kecil yang gatal. Biasanya cacar air muncul pada dada, punggung, atau wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh. Selain ruam pada kulit, cacar air seringkali menimbulkan demam disertai dengan kelelahan, nyeri kepala, atau radang tenggorokan yang berlangsung selama 5 hingga 7 hari.

Cacar air merupakan penyakit yang umum dialami oleh anak-anak, meskipun tidak menutup kemungkinan dialami juga oleh orang dewasa, bahkan manifestasi yang muncul dapat lebih berat pada orang dewasa. Cacar air sebenarnya merupakan penyakit self-limiting, artinya dapat sembuh sendiri. Meskipun begitu, cacar air pada anak sering menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. 

Di Indonesia, terdapat vaksin Varicella yang berguna untuk mengurangi derajat keparahan gejala yang dialami bila terkena cacar air. Namun, pemberian vaksin varicella ini belum menjadi kewajiban di Indonesia. Dengan pemberian vaksin, gejala yang dialami biasanya lebih ringan dan lenting yang muncul hanya sedikit atau bahkan tidak ada.

Lenting pada kulit pada cacar air menimbulkan rasa gatal dan bahkan nyeri. Hal ini mungkin yang menjadi pertimbangan orang tua untuk tidak memandikan anaknya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mandi tidak dilarang pada cacar air. Justru, mandi direkomendasikan agar menjaga kulit tetap bersih karena kulit menjadi lebih rentan infeksi pada cacar air. Namun, bila anak sedang demam, cukup gunakan waslap dengan air hangat saja agar anak tidak menggigil. Selain itu, saat memandikan anak, sebisa mungkin jaga kuku tetap pendek untuk mencegah penyebaran virus / infeksi.

Bila anak Anda atau bahkan Anda terkena cacar air, jagalah kebersihan kulit dengan mandi. Mandi tidak memperburuk kondisi Anda. Saat sedang demam, anak dapat diwaslap saja supaya tetap bersih dan tidak membuat kedinginan.

Referensi:

Ayoade F, Kumar S. Varicella Zoster. [Updated 2021 Aug 11]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-.

https://www.cdc.gov/chickenpox/about/prevention-treatment.html

Penulis: Engelbert

Editor: Kelvin

Share your thoughts

Yuk berlangganan SKMA!

Anda akan memperoleh berita dan artikel terkini mengenai isu, perkembangan, dan tips-tips seputar kedokteran dan kesehatan.

Klik link berikut untuk berlangganan SKMA digital!

http://linktr.ee/medaesculapius