Barium Enema

barium enema

Definisi

Barium enema merupakan salah satu pemeriksaan radiologi yang digunakan untuk menilai saluran cerna bagian bawah, seperti ujung usus halus, usus besar, dan rektum. Prosedur ini menggunakan kontras, yaitu cairan mengandung logam berupa barium. Barium akan dimasukkan dalam usus besar melalui anus menggunakan alat enema. Barium tersebut kemudian akan melapisi permukaan saluran cerna yang selanjutnya akan tervisualisasi melalui pemeriksaan foto polos/Rontgen (sinar-X).

anatomi saluran pencernaan

Sumber: https://i0.wp.com/cdn-prod.medicalnewstoday.com/content/images/articles/320/320014/intestines-diagram.jpg?w=1155&h=1986

 

Usus manusia dapat digambarkan seperti gambar di atas. Tujuan dari pemeriksaan radiologi pada usus adalah untuk mendeteksi adanya tumor ataupun hal asing yang mungkin terdapat pada usus. Usus akan berujung pada rektum dan anus. Kontras barium akan dimasukkan melalui bagian tersebut dan disemprotkan ke dalam usus.

Penggunaan barium bertujuan untuk meningkatkan kualitas gambar sinar-X sehingga organ yang ingin dinilai dapat terlihat jelas. Barium enema digunakan untuk mengevaluasi kemungkinan adanya abnormalitas pada saluran cerna bawah, seperti tumor, penyempitan saluran cerna, dan lainnya. Gejala-gejala yang dapat muncul akibar gangguan saluran cerna bawah, meliputi :

  • Nyeri perut
  • BAB berdarah
  • Diare kronik
  • Konstipasi kronik
  • Perubahan pola BAB

Penggunaan barium perlu memperhatikan kondisi dan status kesehatan pasien. Barium enema tidak dianjurkan pada pasien dengan infeksi rektum, perdarahan rektum, perforasi usus, dan pasien dengan alergi barium. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari pemeriksaan ini karena dapat meningkatkan risiko kecacatan pada bayi.

Persiapan Tindakan

Pemeriksaan barium enema harus dilakukan dalam kondisi usus kosong. Pasien diminta untuk berpuasa minimal 8 jam sebelum pemeriksaan serta mengonsumsi obat pencahar. Adanya sisa makanan dalam usus dapat memengaruhi hasil pembacaan radiologi.

Sesuai namanya, pemeriksaan barium enema membutuhkan peralatan enema dan cairan barium. Pemeriksaan ini juga membutuhkan meja dan mesin sinar-X untuk melakukan pemindaian foto. Pasien diminta untuk berbaring telentang di atas meja sebelum proses pemindaian dilakukan.

Prosedur Tindakan

  • Prosedur dimulai dengan memasukkan cairan barium menggunakan alat enema yang telah dilubrikasi.

prosedur barium enema

Gambar 2. Tahap pertama prosedur tindakan barium enema. Sumber : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fslideplayer.com%2Fslide%2F8311811%2F&psig=AOvVaw0p0abKczNuGw8_G3encTy0&ust=1616948998159000&source=images&cd=vfe&ved=0CAkQjhxqFwoTCJCAlsjy0O8CFQAAAAAdAAAAABAP

  • Setelah barium masuk melalui rektum hingga usus besar, pasien dapat berbaring telentang pada meja untuk kemudian menjalani pemindaian dengan mesin sinar-X.

prosedur barium enema 2

Gambar 2. Tahap kedua prosedur tindakan barium enema. Sumber: https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fspecialpr0.wordpress.com%2F2014%2F07%2F21%2Fbarium-enema-positioning%2F&psig=AOvVaw0p0abKczNuGw8_G3encTy0&ust=1616948998159000&source=images&cd=vfe&ved=0CAkQjhxqFwoTCJCAlsjy0O8CFQAAAAAdAAAAABAb

  • Dalam beberapa kasus, dokter dapat mengembangkan balon dan memompa udara pada tabung enema untuk memfiksasi posisi enema dalam usus besar.
  • Pasien diminta untuk berpindah posisi sesuai instruksi dokter demi mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  • Monitor akan menunjukkan hasil sinar-X pada usus besar dan saluran pencernaan bawah pasien.

Post-Tindakan

Barium enema merupakan pemeriksaan yang relatif aman. Pada beberapa kasus, pasien mungkin mengalami kerusakan usus minimal, reaksi alergi, dan perforasi usus. Kejadian perforasi usus biasanya disebabkan akibat kecelakaan saat melakukan prosedur yang dilakukan oleh tenaga medis. Angka kejadian perforasi kolorektal terbilang kecil dan sangat jarang terjadi.

Pasien dapat langsung kembali ke rumah setelah melakukan pemeriksaan ini dan makan seperti biasa. Hasil pemeriksaan akan dianalisis oleh dokter yang berkompeten di bidangnya untuk menunjang diagnosis pasien.

Referensi

NIH. Barium enema [Internet]. MedlinePlus [cited 2021 Mar 27]. Available from: Barium enema: MedlinePlus Medical Encyclopedia.

Share your thoughts

Yuk berlangganan SKMA!

Anda akan memperoleh berita dan artikel terkini mengenai isu, perkembangan, dan tips-tips seputar kedokteran dan kesehatan.

Klik link berikut untuk berlangganan SKMA digital!

http://linktr.ee/medaesculapius