Chickenpox ( Cacar Air/ Varisela )

Definisi penyakit

Chickenpox (cacar air/varisela) adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh Varicella-Zoster virus (VZV). Chickenpox termasuk infeksi yang sangat menular dan dapat terjadi di manapun. Penyakit ini umumnya terjadi pada masa kanak-kanak, dengan ciri khas adanya ruam kemerahan disertai lenting berisi cairan jernih seperti air. Infeksi VZV dapat bersifat laten atau “beristirahat sementara” hingga seseorang mencapai usia dewasa, lalu terjadi reaktivasi virus di dalam tubuh penderita. Manifestasi yang ditunjukkan serupa, berupa ruam kemerahan dan biasanya disertai oleh rasa nyeri yang berat.

 

Patogenesis penyakit dan Patofisiologi gejala

Infeksi primer disebabkan oleh adanya penularan melalui jalur pernapasan. Virus akan bereplikasi pada daerah yang belum diketahui dan diduga pada nasofaring, lalu masuk ke pembuluh limfatik dan sistem retikuloendotelial kemudian menyebabkan viremia atau penyebaran virus ke seluruh tubuh. Viremia biasanya ditandai dengan adanya ruam kemerahan yang tersebar di seluruh permukaan kulit. Ruam memiliki ciri-ciri pembesaran dan berisi cairan. Infeksi dapat melibatkan pembuluh darah tertentu pada kulit, sehingga menyebabkan kematian jaringan (nekrosis) dan perdarahan pada lapisan kulit atas. Cairan di dalam ruam dapat berubah menjadi semakin keruh karena adanya aktivasi daya tahan tubuh. Cairan akan hilang melalui pecahnya ruam atau diserap kembali oleh tubuh.

Apabila pasien sudah pernah mengalami varisela sebelumnya dan mengalami varisela yang kedua, maka hal tersebut disebut sebagai infeksi rekuren. Mekanisme reaktivasi VZV masih belum diketahui, namun virus akan tinggal di sistem saraf pusat sebelum diaktivasi kembali. Apabila pasien memiliki daya tahan tubuh yang buruk, maka dapat terjadi keterlibatan saluran pernapasan, seperti pneumonitis intersitisial dan adanya infeksi sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan ensefalitis.

 

Diagnosis

Diagnosis ditegakkan melalui anamnesis, gejala prodromal, serta manifestasi klinis sesuai dengan lokasi predileksi yang disertai rasa gatal.

 

Tata Laksana

Penanganan varisela pada pasien dengan daya tahan tubuh yang adekuat dilakukan untuk mencegah komplikasi. Dalam penanganannya, diperlukan higienitas yang baik, seperti mandi teratur dan berendam. Infeksi sekunder dapat dicegah dengan memotong kuku. Rasa gatal dapat dikurangi dengan penggunaan salep atau krim tertentu. Berendam dengan air hangat dan kompres dingin dibuktikan lebih ampuh untuk mengurangi rasa gatal bila dibandingkan dengan pengobatan lain, misalnya menggunakan bedak. Pemberian aspirin pada anak harus dihindari untuk mencegah kemungkinan terjadinya sindrom Reye. Pada anak, VZV bersifat self-limiting dan dapat membaik seiring dengan berjalannya waktu karena bantuan sistem daya tahan tubuh. Obat anti-virus seperti asiklovir atau famsiklovir disarankan untuk remaja dan dewasa apabila muncul gejala varisela di bawah 24 jam.

 

Komplikasi

Infeksi sekunder bakteri Streptococcus Grup A, infeksi paru, serta infeksi dan peradangan otak.

 

Prognosis

Prognosis baik pada anak karena bersifat self-limiting. Apabila terjadi pada pasien yang mengalami penurunan daya tahan tubuh, dapat menyebabkan penyakit lain., seperti manifestasi pada sistem saraf pusat.

 

Referensi

  1. Rubella (German measles, three-day measles) [Internet]. CDC; [reviewed 2017 Sep 15; cited 2020 Dec 15]. Available from: https://www.cdc.gov/rubella/index.html
  2. Whitley RJ. Varicella-zoster virus infections. In: Jameson JL, Kasper DL, Longo DL, Fauci AS, Hauser SL, Loscalzo J, editors. Harrison’s principles of internal medicine. 20th New York: McGraw Hill Education; 2018. p.1354-7
  3. Aisah S, Handoko RP. Varisela. In: Menaldi SLSW, Bramono K, Indriatmi W, editors. Ilmu penyakit kulit dan kelamin. Edisi ketujuh. Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2019. p.128-31

Share your thoughts

Yuk berlangganan SKMA!

Anda akan memperoleh berita dan artikel terkini mengenai isu, perkembangan, dan tips-tips seputar kedokteran dan kesehatan.

Klik link berikut untuk berlangganan SKMA digital!

http://linktr.ee/medaesculapius