Meniti Karier dari Hobi

Dokter hobi fotografi

Ketika hobi memperluas koneksi di luar dunia kedokteran

Dokter hobi fotografi

Walaupun kesibukan di dunia kerja menyita waktu, dr. Ghina Faradisa Hatta tidak pernah menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk meninggalkan kegiatan fotografinya. Sebagai hobi yang bertahan sejak bangku SMP, Ghina menceritakan bagaimana dunia memotret telah memberikan banyak warna dalam waktu luangnya. Hobi ini mulai digeluti dengan tekun saat Ghina mendaftarkan diri sebagai anggota sebuah badan mahasiswa yang fokus di bidang fotografi. Keterlibatannya dalam organisasi tersebut memberikan Ghina kesempatan dan dorongan untuk memperdalam kemampuannya dalam bidang ini. Selain itu, badan mahasiswa ini juga memberikan sebuah wadah untuk mendapatkan pemasukan tambahan melalui hobinya. Pengalaman-pengalaman inilah yang menjadi aset berharga bagi Ghina dalam dunia fotografi.

Menurut Ghina, salah satu pengalaman yang paling berkesan saat mendalami fotografi adalah menjalani sebuah proyek bersama dengan teman-temannya. Aku terinspirasi oleh seorang teman bisnis untuk berfokus kepada karier di luar kedokteran,” kenang Ghina. Proyek tersebut adalah sebuah platform fotografi yang mengulas karya-karya busana domestik (Instagram: @campurkreatif). 

Salah satu hal yang menjadi sorotan utama dalam menekuni dunia memotret adalah kesempatan untuk membangun koneksi. Dunia kedokteran itu kecil,” kata Ghina. Melaui proyek ini, Ghina berkesempatan untuk menjajaki dunia selain kedokteran, yaitu bisnis dan modelling.

Ghina mengaku bahwa hobi yang telah dihayati selama beberapa tahun ini tidak pernah memunculkan kesulitan yang berarti dalam hidupnya. Dokter yang lulus pada tahun 2020 silam ini memandang fotografi sebagai aset yang penting sehingga baginya tidak pernah ada duka dalam menggeluti bidang ini. Selain itu, kemampuan Ghina dalam menyeimbangkan jadwal antara karier dan hobinya agar tidak bertabrakan menjadi kunci yang penting. Walaupun demikian, ia juga sempat menceritakan bahwa ia beberapa kali mencuri waktu di sela-sela kegiatan penting dalam karier dokternya. 

Saat ini, Ghina sedang menjalankan karier sebagai seorang Resident Medical Officer di Mandaya Royal Hospital Puri. Fotografer ini tidak lagi menjalankan banyak kegiatan profesional di bidang fotografi. “Sekarang, saya mulai kerja di rumah sakit jadi tidak ada waktu,” terang Ghina. Meskipun begitu, perempuan kelahiran 1996 ini masih aktif menggunakan kameranya untuk kesenangan pribadi. Foto-foto yang diambilnya sering dicetak dan dikumpulkan menjadi sebuah album fisik. Album-album tersebut memberikan kenikmatan yang dapat dirasakan saat senggang di antara kesibukannya. Selain itu, Ghina juga masih menyempatkan diri untuk berkarier sebagai fotografer makanan dan memperluas koneksinya dengan agen-agen fotografi. “Walaupun aku sudah tidak aktif mencari pekerjaan freelance foto, aku ditawarkan job (saat) pulang (dari) internship ke Jakarta. Tapi, aku tolak semua,” ujar Ghina.

Database Narasumber:
Nama: dr. Ghina Faradisa Hatta
Jabatan: Dokter Umum/Resident Medical Officer

Penulis: Benedictus Ansell Susanto
Editor: Gabrielle Adani

Dokter hobi fotografi Dokter hobi fotografi Dokter hobi fotografi Dokter hobi fotografi Dokter hobi fotografi Dokter hobi fotografi

Share your thoughts

Yuk berlangganan SKMA!

Anda akan memperoleh berita dan artikel terkini mengenai isu, perkembangan, dan tips-tips seputar kedokteran dan kesehatan.

Klik link berikut untuk berlangganan SKMA digital!

http://linktr.ee/medaesculapius