Kontribusi pada Kesehatan Jiwa Melalui Edukasi

Dari komunitas media sosial, pengungsi, hingga cita-cita berskala nasional

Ketika mulai membagikan pengalaman dan pengetahuan mengenai kesehatan jiwa melalui media sosial, dr. Salma Suka Kyana Nareswari, M.Res tidak berekspektasi bahwa ia sedang membentuk suatu komunitas yang dapat menjangkau banyak orang. Dokter lulusan FKUI KKI 2014 ini memang memiliki minat yang besar terhadap kesehatan jiwa. Selain dikenal sebagai pendiri MengenalDiri.ID, Salma juga berpengalaman menjadi pembicara dalam berbagai kegiatan terkait kesehatan jiwa, dengan tema seputar mengenali dan menyayangi diri.

Setelah melafalkan sumpah dokter, Salma menjalani magang pada Juni 2021 hingga April 2022 di Rumah Sakit Budhi Asih, Puskesmas Kelurahan Ciracas, dan Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Rumah Sakit Budhi Asih adalah salah satu fasilitas kesehatan yang menjalin kerja sama dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dalam merawat pasien pengungsi. Di sanalah Salma bertemu dengan pengungsi dari berbagai negara dalam perang dan bencana, kemudian merasa tertarik dengan tantangan budaya dan bahasa dalam berkomunikasi dengan mereka. Salma menyadari bahwa para pengungsi memiliki tingkat stres tinggi dan umumnya mengalami gejala psikosomatik. Besarnya minat pada kesehatan jiwa dan ketertarikan untuk membantu pengungsi membuat Salma memilih IOM sebagai tempatnya bekerja.

IOM merupakan sebuah organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berfokus pada migrasi internasional. Saat ini, Salma bertugas sebagai konsultan di IOM Indonesia dengan tanggung jawab mengevaluasi dan membentuk rekomendasi terkait edukasi kesehatan bagi pengungsi dan pencari suaka di delapan area, yaitu Batam, Pekanbaru, Medan, Tanjung Pinang, Jakarta dan sekitarnya, Kupang, Makassar, dan Surabaya. Pekerjaan sebagai evaluator skala nasional pastinya membawakan tantangan-tantangan baru, seperti ekspektasi yang tinggi, jadwal yang ketat dan independen, serta banyaknya hal yang perlu dipelajari. Akan tetapi, Salma merasa puas dengan pengalaman dan pelajaran yang ia dapatkan.

Meskipun saat ini Salma tidak berkecimpung dalam dunia kesehatan jiwa secara spesifik, minat dan mimpinya masih terletak pada dunia tersebut. Salma percaya bahwa kontribusi pada peningkatan kesehatan jiwa tidak hanya dapat dilakukan sebagai spesialis kedokteran jiwa, tetapi juga sebagai edukator pada sarana edukasi. Ke depannya, Salma berharap dapat menjadikan MengenalDiri.ID sebagai yayasan yang terintegrasi dengan sistem kesehatan nasional, dapat menjangkau berbagai kalangan masyarakat tanpa batasan biaya, dan dengan cepat menghubungkan tenaga kesehatan dengan masyarakat yang memerlukan bantuan profesional.

Cita-cita untuk mengembangkan komunitas dan melakukan edukasi pun tidak terlepas dari pekerjaan Salma saat ini. Pekerjaan sebagai konsultan di IOM membantu Salma meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal lintas budaya dan kemampuan manajerial dalam menjalankan edukasi kesehatan skala besar. Melalui IOM, Salma juga bermaksud untuk membangun pengalaman dan karir. Namun, ia tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sebagai klinisi dan bertemu dengan pasien secara empat mata pada waktu yang akan datang. Salma berpesan bahwa pengalaman dapat dicari sebanyak-banyaknya, sedangkanpencarian tujuan hidup adalah proses yang akan berlangsung seumur hidup.alifa

Penulis: Alifa

Editor: Izzati

Share your thoughts

Yuk berlangganan SKMA!

Anda akan memperoleh berita dan artikel terkini mengenai isu, perkembangan, dan tips-tips seputar kedokteran dan kesehatan.

Klik link berikut untuk berlangganan SKMA digital!

http://linktr.ee/medaesculapius