Mengatasi Mata Merah dengan Air Daun Sirih, Ampuhkah?

Daun sirih
Sumber: https://balittro.litbang.pertanian.go.id/

Mata merah dan gatal merupakan fenomena lazim yang tentunya tidak nyaman bagi semua orang. Air daun sirih dipercaya beberapa kalangan dapat mengatasi hal tersebut. Daun sirih memang sudah menjadi primadona pengobatan herbal sejak dahulu. Daun sirih mengandung berbagai senyawa seperti karvakrol, chavibetol, eugenol, dan isomer lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, apakah air daun sirih betul-betul bermanfaat untuk mengatasi mata merah? 

 

Air daun sirih memiliki tingkat keasaman (pH) yang tidak sesuai dengan permukaan mata sehingga dapat melukai lapisan mata. Oleh karena itu, tetesan air daun sirih pada mata dapat mengganggu keutuhan selaput mata dan menyebabkan berbagai masalah seperti ulkus kornea dan meningkatkan risiko infeksi mata. Selain itu, air daun sirih juga tidak steril, atau dalam kata lain dapat terkontaminasi berbagai kuman seperti bakteri dan jamur. Kuman tersebut dapat mengakibatkan infeksi yang malah akan menimbulkan masalah baru bagi mata. Skenario terburuknya, infeksi yang berat dan tidak ditangani dengan baik bahkan bisa berujung pada kebutaan.  

 

Hingga kini, belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat tetesan air daun sirih untuk kesehatan mata. Sebaliknya, penggunaan air daun sirih untuk mengobati mata merah dan gatal dengan malah tidak dianjurkan karena dapat membahayakan mata. Tidak jarang orang berobat ke dokter mata akibat masalah-masalah yang ditimbulkan oleh tetesan air daun sirih pada mata. 

 

Lantas, bagaimana cara mengobati mata merah dan gatal yang benar? Mata merah dan gatal dapat diobati dengan obat tetes mata dan berbagai obat-obatan lainnya yang tersedia. Selain aman dan ampuh, obat-obatan tersebut juga terjangkau dan tersedia luas di pasaran. Meskipun demikian, pengobatan mata merah dan gatal harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami mata merah dan gatal, berobatlah ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memperoleh pengobatan yang aman, ampuh, dan nyaman. Apabila mata merah dan gatal ditangani dengan cepat dan tepat, niscaya penderita dapat sembuh dengan cepat tanpa mengalami komplikasi akibat salah penggunaan obat ataupun bahan lainnya pada mata.

 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/20910/hoaks-air-rebusan-daun-sirih-untuk-mengobati-mata/0/laporan_isu_hoaks

 

Penulis: Jeremy Rafael Tandaju
Editor: Alexander Rafael Satyadharma

Share your thoughts