Mitologi Yunani dalam Kedokteran

  1. Vertebra servikalis pertama. Tulang ini dinamakan dari titan dalam mitologi Yunani yang menopang dunia pada pundaknya.
  2. Pertumbuhan tinggi badan abnormal akibat produksi hormon pertumbuhan berlebih. Istilah ini diambil dari Gigantes atau raksasa.
  3. Kondisi penurunan tenaga dan kesiagaan. Istilah ini diambil dari Sungai Lethe, sungai di dunia bawah Yunani yang dapat menghilangkan ingatan para peminum airnya.
  4. Asal nama spuit atau syringe, diambil dari nama peri Yunani yang diubah menjadi buluh.
  5. Tendon paling tebal. Nama tendon ini berasal dari pahlawan Yunani yang titik lemahnya berada pada lokasi tendon tersebut.
  6. Gangguan ereksi persisten selama 4 jam atau lebih, terlepas dari stimulasi seksual. Istilah ini diambil dari dewa Yunani yang terlahir dengan kondisi ereksi persisten, Priapus.
  7. Sindrom pertumbuhan tulang, kulit, dan jaringan lemak berlebih secara mosaik sehingga tampak malformasi asimetris. Nama sindrom ini diambil dari dewa Yunani yang dapat mengubah bentuk tubuhnya.
  8. Sindrom psikosomatik yang dialami migran. Istilah ini diambil dari pahlawan Yunani yang menempuh waktu 10 tahun untuk pulang setelah berperang dalam Perang Trojan.
  9. Dewi Yunani yang menjadi simbol kesehatan, kebersihan, dan sanitasi.
  10. Struktur otak yang menyerupai bentuk kuda laut dalam mitologi Yunani.

Kunci jawaban

  1. Atlas
  2. Gigantisme
  3. Letargi
  4. Syrinx
  5. Achilles
  6. Priapismus
  7. Proteus
  8. Ulysses
  9. Hygieia
  10. Hippokampus

Share your thoughts

Yuk berlangganan SKMA!

Anda akan memperoleh berita dan artikel terkini mengenai isu, perkembangan, dan tips-tips seputar kedokteran dan kesehatan.

Klik link berikut untuk berlangganan SKMA digital!

http://linktr.ee/medaesculapius