Obesitas: Musuh Lama yang Kian Mengancam

Mengungkap penyakit lain yang tak kalah menyeramkannya dibandingkan pandemi Covid-19.

Obesitas merupakan suatu kondisi  seseorang memiliki berat badan berlebih akibat adanya penumpukan massa lemak yang abnormal. Walaupun bukan merupakan penyakit kronik, obesitas dapat mengganggu fungsi tubuh kita secara keseluruhan. Seseorang dapat dikatakan obesitas jika memiliki indeks massa tubuh (IMT) di atas 25 kg/m2.

Obesitas sudah menjadi masalah kesehatan sejak puluhan tahun lalu. Akan tetapi, prevalensi obesitas tidak kunjung menurun. Sebaliknya, angka penderita obesitas terus meningkat hingga saat ini. Kondisi ini dapat terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Situasi obesitas dalam negeri cukup mengkhawatirkan. Menurut data riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018, prevalensi obesitas di Indonesia cenderung meningkat. Pada tahun 2018, tercatat 21,8% populasi orang dewasa termasuk ke dalam kategori obesitas. Angka ini meningkat hingga 7% dibandingkan data di pada tahun 2013.

Belum tuntas sampai di situ, tampaknya angka obesitas di Indonesia berpotensi melambung kembali di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Saat ini, kita masih menjalankan protokol work from home (WFH) demi mencegah penularan virus. Seluruh kegiatan kantor, sekolah, maupun aktivitas sehari-hari lainnya diusahakan untuk dilakukan secara daring.

Seperti ungkapan “bagai pisau bermata dua”, penerapan WFH dapat memicu dampak positif maupun negatif. Meski dapat membatasi penularan virus, protokol WFH juga membatasi kegiatan aktivitas fisik yang biasa rutin dilakukan. Belum lagi perilaku konsumsi makanan cepat saji yang dengan mudah dipesan melalui aplikasi pemesanan daring. Semua itu merupakan salah satu faktor risiko terjadinya obesitas.

Obesitas sendiri diketahui dapat menjadi suatu komorbiditas penyakit lainnya, seperti penyakit metabolik, jantung, paru, hingga gangguan fungsi imun. Berbagai penyakit itu secara tidak langsung menyebabkan seseorang menjadi rentan terserang virus SARS-COV-2, penyebab Covid-19. Terlebih lagi, obesitas dapat berdampak pada penurunan fungsi paru, yang jika dibarengi dengan infeksi Covid-19, membuat seseorang kesulitan dalam bernapas yang dapat berujung pada kematian.

Dalam masa pandemi, kita tentu dituntut untuk mampu beradaptasi dengan situasi yang ada. Meski sedang dalam kondisi WFH, bukan berarti kita harus “mengalah” begitu saja terhadap ancaman obesitas. Ada beberapa solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya obesitas.

Pertama, kita dapat mengubah gaya hidup dengan membiasakan pola makan yang sehat dan seimbang, yaitu dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Apabila sulit untuk keluar rumah selama periode WFH, kita dapat memilih berbelanja secara bulanan dibandingkan harian. Dengan begitu, kita bisa mengurangi kegiatan di luar rumah yang kurang perlu. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan berbagai platform belanja online untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Kedua, kita juga tetap bisa mengusahakan untuk beraktivitas fisik di dalam rumah. World Health Organization (WHO) merekomendasikan durasi olahraga selama 150 menit dalam satu minggu. Beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan, antara lain yoga, naik turun tangga, ataupun senam aerobik. Selain itu, kita juga dapat membuat variasi aktivitas fisik yang sesuai dengan kapabilitas kita.

WFH memang menuntut kita untuk diam di rumah. Akan tetapi, jangan sampai kita diam saja membiarkan obesitas mengancam kesehatan kita.

 

REFERENSI
1. World Health Organization. Obesity [Internet]. [cited 2020 Nov 3]. Available from: https://www.who.int/health-topics/obesity
2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.
3. Parikh NI, Pencina MJ, Wang TJ, et al. Increasing trends in incidence of overweight and obesity over 5 decades. The American Journal of Medicine. 2007 Mar; 120(3).
4. Hruby A, Manson JE, Malik VS, et al. Determinans and consequences of obesity. Am J Public Health. 2016; 106(9): 1656-1662.
5. National Heart Lung and Blood Institute. Overweight and Obesity [Internet]. U.S. Department of Health and Human Services. [cited 2020 Nov 3]. Available from: https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/overweight-and-obesity

Share your thoughts