Pentingnya Memperkaya Wawasan Melalui Hobi

Ketika hobi dapat memperluas pengetahuan, membuka pikiran, dan menebar kebaikan

dr. Frida Soesanti, SpA(K)

Pengetahuan di bidang kedokteran merupakan pengetahuan yang wajib dimiliki oleh seorang dokter. Namun, pengetahuan di luar bidang tersebut juga tidak kalah penting. Hal tersebut diutarakan oleh dr. Frida Soesanti, Sp.A(K). Bagi Frida, memperluas wawasan di luar bidang kedokteran dapat diperoleh melalui kedua hobinya, yaitu membaca buku dan travelling. Akan tetapi, pandemi Covid-19 yang menimpa dunia selama satu tahun terakhir membuat Frida terpaksa tidak bisa menikmati travelling ke berbagai tempat.

Hobi membaca buku mulai digeluti oleh Frida sejak ia memasuki Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Bertemu teman-teman yang sangat beragam mendorongnya untuk memperluas pengetahuan, salah satunya dengan membaca buku. Buku yang dibaca oleh Frida sangat beragam, ia akan membaca buku dengan genre apapun asalkan isinya menarik. Pada awalnya, Frida hanya membaca novel-novel karya Sidney Sheldon dan novel fiksi seperti Harry Potter. Namun, seiring meluasnya pengetahuan dan bertambahnya usia, pilihan buku yang dibaca olehnya berubah. Frida menjadi lebih menyukai buku-buku yang mengulas psikologi, geografi, dan filosofi. “Semakin banyak baca, semakin banyak pengetahuan soal hidup dan kehidupan,” kata Frida.  

Mengenai hobi travelling, Frida mengaku bahwa ia belum lama menjalaninya. Hobi ini mulai ia ditelusuri oleh ketika sudah menjadi seorang dokter spesialis anak. Saat menjalankan fellowship di Jepang selama satu tahun, Frida tertarik dengan kultur yang berbeda di Indonesia dan Jepang. Menurutnya, beragam budaya dari berbagai negara dapat memberikan filosofi mengenai kehidupan sehari-hari yang dapat diterapkan oleh dirinya. Selain itu, pelesir menjadi salah satu cara Frida untuk mengisi kembali energi yang habis digunakan untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

Kedua kegemaran ini—membaca buku dan travelling—membawa banyak kesenangan bagi Frida. Menurutnya, kedua hobi tersebut dapat memuaskan rasa ingin tahu terhadap berbagai hal dan menjadi cara untuk relaksasi. Di sisi lain, hobi Frida membutuhkan biaya yang tentunya tidak murah, terutama untuk bepergian ke negara lain. Namun, hal ini tidak menghentikan Frida untuk tetap menggeluti hobinya. “Saya lebih rela mengeluarkan duit buat hobi daripada buat yang lain,” ungkapnya. Salah satu pengalaman terkait hobi yang berkesan bagi Frida adalah ketika ia harus pergi ke Jepang. Sebelum ia berangkat, buku-buku yang sudah selesai dibaca disumbangkan agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Hobi yang menyenangkan pun menjadi kesempatan untuk memberikan kebaikan kepada orang lain.

Menurut Frida, hobi yang ia miliki membuat dirinya semakin berpikiran terbuka dan luas. Buku apapun yang dibaca dan tempat manapun yang dikunjungi dapat memberikan sebuah pelajaran baru bagi dirinya. Selain itu, hobi Frida juga memperluas relasi yang dimiliki dengan orang-orang di negara lain sehingga membuka kesempatan baginya untuk menambah pengetahuan di bidang kedokteran. “Karier saya menunjang hobi saya, hobi saya menunjang karier saya,” ujarnya. Kesempatan mengikuti fellowship, bersekolah di luar negeri, dan menerima travel grant menjadi kesempatan bagi Frida untuk melaksanakan hobi travelling sambil memperdalam wawasan seputar dunia kedokteran.

Keterangan Narasumber:

Nama: dr. Frida Soesanti, Sp.A(K)
Jabatan: Head of Pediatric Endocrinology Division, Faculty of Medicine – Universitas Indonesia, Cipto Mangunkusumo Hospital, Jakarta
Alamat:
No. HP: 08161638238
Email: fsoesanti@gmail.com

Penulis: Ryan Andika
Editor: Gabrielle Adani

hobi dapat memperluas pengetahuan

Share your thoughts